From “Emang IPB ada jurusan komunikasinya?” to “Kenapa sarjana pertanian kebanyakan jadi pegawai bank?”

Halo, halo. Long time no post. So long. Sedang meratapi sisa liburan yang selalu terasa kurang. Frasa easy come easy go never match to my holiday. My holiday NOT EASY come but easy go. Tapi Alhamdulillah semester 5 yang kejam akhirnya terlalui juga. Semoga semester 6 lebih jinak, aamiin.

Ngomong-ngomong soal kuliah, ada beberapa hal yang sebenernya sepele, tapi rada nggak sreg di hati juga kalau dibiarin terus. Jadi di post ini akan membahas beberapa hal itu dan klarifikasinya. Semoga banyak yang baca biar tidak timbul hal-hal kurang sreg lainnya ya hihi…

1. Emang di IPB ada jurusan komunikasi?

A: Kuliah di mana?

B: IPB

A: Oh, jurusan?

B: Komunikasi dan pengembangan masyarakat.

A: *ekspresi nggak ngerti + meragukan* Emang di IPB ada jurusan komunikasi?

B: *disabar-sabarin, pasang senyum tabah sebaik mungkin* Ada kok. Emm dulunya lebih dikenal ilmu penyuluhan.

Aku yakin paling tidak ada 90% mahasiswa/alumni jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (disingkat SKPM), pasti pernah mengalami percakapan serupa di atas. Termasuk aku. Pas semester awal sih happy-happy aja ya ngejelasinnya. Secara pas ngejelasin ada rasa-rasa bangga habis diterima di salah satu kampus favorit di Indonesia. Tapi kalo udah masuk semester 6 (yang aku bilang kejam tadi) masih aja dapet pertanyaan gitu, itu rasanya…. Beda cuy, beda. Ada rasa capeknya dikit. Dikit banget tapi, beneran deh. Like, “Etdah selama ini gue udah berjuang mati-matian sampe sejauh ini tapi masih aja yang meragukan eksistensi jurusan gue?” Tapi habis itu tetep berusaha jelasin. Itung-itung promosi jurusan sendiri ye kan…

Klarifikasi:

Emang di IPB ada jurusan komunikasi?

Jawabannya: Ada, di IPB ada jurusan komunikasi. Baik di D3 maupun S1.

Yang D3 namanya jurusan komunikasi (disingkat KMN) sedangkan di S1 seperti yang udah aku jelasin namanya SKPM. Bedanya apa? Setauku, kalau KMN di D3 lebih ke komunikasi murni (buat lengkapnya nanya anak D3 aja ya, aku anak S1 takutnya salah pas jelasin.) Nah kalo SKPM itu agak beda sama jurusan komunikasi di univ lain karena ada embel-embel pengembangan masyarakatnya. Secara garis beras, SKPM itu seperti gabungan antara komunikasi sama sosiologi. Kenapa kok ada sosiologinya padahal jurusan komunikasi? Nah, namanya juga Institut Pertanian, jadi semua jurusan di IPB itu pada akhirnya diarahkan untuk menunjang dan mendukung bidang pertanian. Sosiologi dipelajari di SKPM karena sosiologi dibutuhkan untuk pendekatan ke masyarakat (khususnya masyarakat desa). Kalo mau pendekatan sama kamu yang dibutuhkan apa, aku nggak tahu. Doa kali ya, biar kita beneran jodoh, aamiin.

Tips buat anak SKPM, misal kalian kelewat capek jelasin panjang lebar apa itu SKPM, bilang aja kalo dulu SKPM dikenal Ilmu penyuluhan. Alhamdulillah sejauh ini orang-orang langsung ngeh kalo aku bilang gitu soalnya penyuluhan emang erat banget kan sama pertanian. Lagian emang ada mata kuliah ilmu penyuluhan di jurusan SKPM ini.

Lebih lengkapnya cek website skpm langsung aja bro-sis : skpm.ipb.ac.id atau instagramnya: instagram.com/skpm

2. Jurusan kamu enak ya gabut.

*dalam suatu organisasi kampus*

A: Eh tolong dong ntar kerjain ini ini ini.”

C: Wah maaf aku gabisa… ada praktikum..

D: aku juga… mau ngerjain raker…

A: yang gabut siapa? *A, C, D pada ngelirik si B yang anak SKPM atau anak kelas S pas TPB aka PPKU*

B: Err………………

Nah ini nih. Mentang-mentang SKPM nggak nge-lab, nggak bikin rancangan kerja dan laporan praktikum, dan pelajarannya nggak ada yang itungan, orang-orang pada mikir kami gabut. Hahahahaha *ketawa getir*

Klarifikasi:

Kami nggak gabut coy. Mungkin di mata kalian kami terlihat gabut karena pembawaan yang cenderung nyantai kali ya? Santai tapi (berusaha) serius kok aku. Kalo di jurusan kalian ada laporan, di jurusan kami ada makalah. Dan itu banyak. Semua anak IPB dapet sosiologi umum dong pasti? Ya mirip-mirip gitulah kerjaan SKPM. Makanan sehari-harinya tipe-tipe bacaan yang ‘selalu kita cari simpulannya di paragraf paling akhir’ saking panjangnya itu bacaan. Kalo masih ragu sok mangga ambil minor pengembangan masyarakat aja. Misal bertahan sampe akhir, you’re da real mvp dah! Intinya mah kalo ada yang bilang SKPM jurusan gabut, itu HOAX guys. Kami sibuk kek kalian juga cuma bentuk kesibukannya aja yang beda 🙂

3. IPB = Institut Perbankan Bogor

A: Pertanian Indonesia masih gini-gini aja ya?

B: Yaiyalah orang sarjana pertaniannya pada nggak care, pada jadi pegawai bank semua.

Aku pribadi percaya, semua mahasiswa dan sarjana inginnya pasti bekerja di bidang yang sesuai dengan bidang pendidikan mereka. Jadi biar nggak terkesan sia-sia gitu loh, walau pada hakikatnya semua hal baik (dalam hal ini kuliah) tidak ada yang sia-sia. Tapi tak selalu semua keinginan kita bisa tercapai kan?

Klarifikasi:

Kamu kira cari kerja gampang, hah? Kamu kira modal buat pertanian itu murah? Kamu salah besar! *berapi-api* Mau sharing ya, dulu, sebelum dapet mata kuliah pendidikan usahatani, aku juga sempat mikir, kenapa sih sarjana pertanian malah jarang yang kerja di pertanian dan malah pada masuk di bank? Tapi setelah dapet mata kuliah usahatani dari fakultas sebelah, aku kek dapat pencerahan baru.

Curhat dikit bro-sis, sebenernya agak-agak kesel juga sama matkul interdept (linjur kalo di univ lain) yang satu ini, abisnya nilainya amsyong parah sih. Padahal aku menikmati banget tugas praktikumnya meski rada ribet. Jadi tugas praktikum usahatani selama 1 semester itu kami disuruh wawancara secara dalam dan mendetail pengusaha di bidang pertanian. Itu beneran detail banget guys, kami kepoin dari modal si petani, merk pupuk, denah tanaman, harga penyusutan instalasi, sampe gaji/upah buruh taninya juga. Sampe nggak ngerti lagi lah pokoknya.

Nah, kelompokku dapet narasumber pengusaha sayur hidroponik gitu. Beliau usahanya baru jalan 3 tahun tapi udah berkembang pesat banget, kerenlah pokoknya. Narsum kami itu ibaratnya petani sejahtera idaman Indonesia. Yang pasti IPB tuh pengennya pertanian itu ya maju kayak usaha dia. Sebut saja narsumku itu Pak Z. Dari Pak Z kami tahu, bahwa untuk menemukan teknologi, komposisi, dan takaran yang pas buat bertani yang efektif dan efisien justru memerlukan banyak riset (trial and eror) yang semua itu nggak murah biayanya. Bayangin aja, cuma buat riset benih dan pupuk yang pas, Pak Z bisa keluar duit (katanya) sampai milyaran rupiah. Tapi hasilnya sebanding sih, hasil pertanian dari kebun Pak Z bisa memiliki nilai jual yang tinggi. Bisa buat hidup lebih dari cukup pokoknya.

Wew, itu dapat dari mana modal milyaran rupiah? Jawabannya dari tabungan beliau hasil bekerja di perusahan minyak. Mungkin sampai sini bingung ya, muter-muter gitu hubungannya sama kerja di bank apa? Jadi guys, intinya, bekerja di bidang pertanian itu butuh modal yang sangat besar sekali. Dan bank selalu membuka lowongan kerja tiap tahun (iya nggak sih?) dengan gaji yang cukup baik untuk standar fresh graduate (iya nggak sih?). Jadi menjadi pegawai bank adalah cara yang (hmm what you call it) ‘simple’ untuk ngumpulin modal (iya nggak sih?)

Ya bayangin aja deh, pertanian itu butuh lahan, sedangkan harga tanah sendiri berapa. Kalo ga punya tanah kan bisa nyewa. Ya udah sekarang harga sewa tanah berapa? Ya kan kalo nggak ada tanah bisa hidroponik kayak pak Z. Kalo kamu mikir gini, percayalah, instalasi hidroponik itu mahal. Terus mahasiswa fresh graduate dapet duit darimana buat modal beli /sewa lahan pertanian? Kalo pun pake tanah keluarga buat beli input lainnya gimana? Apa? Utang bank? Setauku dari nonton film Top Secret sih bank nggak mau minjemin duit ke orang yang nggak punya pekerjaan.

Long story short-nya ya, positive thinking aja bahwa mereka-mereka sarjana pertanian yang kerja di bank itu balik lagi karena kebutuhan bukan karena keinginan utama. Inget, sebelum jadi pengusaha pertanian yang sukses aja Pak Z harus nabung dulu, ngumpulin gajinya selama jadi pegawai di perusahaan minyak. Ada kutipan bagus yang aku dapet di seminar pendidikan kampus pas awal-awal semester dulu. Kurang lebih gini:

“Untuk memajukan pertanian Indonesia, kita tidak harus terjun langsung menjadi petani. Bisa mengubah cara pandang orang tentang pertanian Indonesia, itu juga salah satu langkah dan usaha.”

Nggak mesti pegawai bank, kan jadi PNS yang kerja di bidang pertanian juga bisa… But, penerimaan CPNS itu nggak selalu ada tiap tahun, oke? (dan saingannya masya Allah 😭) Ya semoga aja kita semua dapet duit hadiah undian apa kek gitu biar bisa buat modal memajukan pertanian Indonesia. Aamiin…

Ya itu tadi beberapa klarifikasi. Tujuannya sih bukan buat mendebat, hanya buat referensi sudut pandang biar kita nggak asal judge akan sesuatu.

Thanks for reading!

6 comments

Tinggalkan komentar