KKN Story (Part 2)

“Tidak penting apa pun agama atau sukumu. Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu.” – Gus Dur

Hello everyone!

Gila ya, harus nunggu ganti tahun dulu buat lanjut KKN Story Part 2. Udah kayak sekuel film aja paansi. Sesuai judulnya, post kali ini adalah kelanjutan dari pengalaman KKN yang udah aku jalani di bulan Juli – Agustus tahun lalu. Kalau belum pada baca Part 1, monggo bisa di baca di sini. Btw inkonsisten banget yak, di Part 1 pake gue-elo di Part 2 pake aku-kamu [?]

Tinggal 40 hari di tempat baru dengan suasana baru bersama orang-orang baru pastinya ngasih banyak pengalaman dan pelajaran berharga dong. Rugi deh kalo dalam waktu selama itu nggak ada hikmah yang diambil. Apapun kejadiannya, meskipun itu sebuah kesialan, kalo kita bisa tetep nemu sisi baiknya, seenggaknya bisa bikin kita keliatan makin dewasa dan bijaksana.  Karena intro-nya udah ada di Part 1, dan sebelum postingan ini mulai salfok dan ngelantur, langsung aja ya ke poin-poin pelajaran yang aku dapet pas KKN 🙂

No More Ethnocentrism

Definisi formal etnosentrisme bisa kalian googling ya. Sebenernya di matkul MKAB (Manajemen Komunikasi Antar Budaya) ada sih, cuma ya lagi nggak pengen buka slide atau catatan kuliah. Lagian UASnya juga udah kelar tadi. Tapi biar enakan okelah kukasih tau apa itu etnosentrisme. Menurut sepemahamanku dari matkul MKAB, etnosentrisme itu rasa dan pemikiran yang mengagungkan kebudayaan suku kita sendiri. Intinya menganggap suku kita adalah yang terbaik dibanding suku yang lainnya. Nah, di KKN ini secara langsung aku belajar bahwa nggak ada yang namanya suku terbaik. Semuanya pasti punya kelebihan dan kekurangan. Maaf ya kalo absurd dan mungkin agak sensitif tapi gini deh kujabarin.

Terus terang, pas awal – awal kuliah di Bogor, aku sering banget denger selentingan dari orang non-Sunda yang menilai gimana karakter orang Sunda. Salah satunya adalah (katanya) orang Sunda itu cenderung pelit terutama dalam menjamu tamu dibandingin orang Jawa. Well, kuakui awalnya aku sedikit percaya pada stereotip ini karena entah kenapa, waktu itu aku kenalan dengan orang Sunda dan ya…kebetulan emang karakternya gitu wkwkwk. Ini juga yang bikin aku awalnya males KKN di Jawa Barat. Gimana pun juga pasti kita memikirkan keterjaminan urusan perut selama 40 hari di tempat orang kan?

Semua anggapan itu berubah setelah aku KKN. Lokasi KKN-ku di Bogor yang otomatis mayoritas penduduknya orang Sunda. Tapi mereka beda. Mereka bener-bener ‘royal’ (aduh nggak nemu kata yang lebih down to earth nih) dalam menjamu tamu. Nih ya, setiap aku dan temen-temen sekelompok berkunjung atau main ke rumah warga, bener-bener deh semua-muanya dikeluarin buat kami.

Kami sampe apal template-nya:

Ngobrol 15 menit pertama dikasih teh atau kopi yang bahkan kita bisa milih mau rasa dan merk apa (oke mungkin ini biasa ya buat sebagian orang, tapi seumur-umur aku di kota asal belum pernah tuh tamu bisa milih mau minum apa hehe). Kalo ngobrolnya 15 menit lebih sampe kisaran 30 menit, dikeluarin dah tuh gorengan. Anget-anget bro-sist baru digorengin. Kalo ngobrol-ngobrolnya lebih dari 30 menit udahlah fix dimasakin nasi sama lauk disuruh makan di situ.

Screenshot_20180104-012140

Habis nanem tanaman toga dan kangkung di kebun percontohan bersama Bu Kades dan ibu – ibu PKK. Setelah itu so pasti makan bareng dong hehe.

Beneran guys, itu pengalamanku. Bahkan kami cuma lewat depan rumah terus nyapa doang, bisa diteriakin diajak liwetan (makan bareng). Dan kalo menurutku itu ngajakinnya nggak basa-basi sih. Soalnya ya, itu ngajakinnya beneran literally setiap kami lewat dan setiap kami nyapa. Dan masakannya enak – enak banget. Cita rasa pedesaan rumahannya sangat kuat [?] Secara anak kost ya, jarang makan masakan rumahan. Bedalah pokoknya sama rasa masakan warteg atau rumah makan. Itu masakannya sedap banget pokoknya. Padahal juga makanan sederhana macem tahu tempe but why so delicious? Apakah ketulusan dan kehangatan warga dalam menyajikannya yang menjadikannya demikian? Who knows?

Pokoknya setelah itu, aku berusaha untuk nggak lagi menggeneralisasi suatu suku. Mau itu Jawa, Sunda, Batak, Minang, dsb. Yang disamain belum tentu sama, yang sama belum tentu bisa disamain. Aku dah nemu orang Batak yang kayak orang Solo, juga udah pernah nemu orang Jawa yang garangnya ngelebihin orang Batak. Semua tergantung watak dan sikap masing – masing individu. Nggak bener sih kalo kita merasa lebih hanya karena melihat kekurangan orang lain. Songong itu namanya. Nggak bener juga kalo kita merasa kurang hanya karena melihat kelebihan orang lain. Kurang bersyukur itu namanya. Ngerasa nggak, postnya mulai agak ngelantur?

Oiya satu lagi, ini nggak pas KKN tapi relatable sih. Jadi ada temenku yang dari Sumatra pernah bilang, “Ma, di daerahku sana, nggak ada lho aku nemu orang udah tua renta minta-minta dijalanan. Kalo ada yang kayak gitu, langsung ditanya siapa keluarganya dan dicari. Udah tuh keluarganya (si orang tua renta) pasti dihujat dan dikucilkan masyarakat karena dianggap kurang ajar (nggak bisa atau nggak mau merawat orangtua).” Deg! Rasanya aku kayak digampar. Men…Jawa yang selalu diunggulkan karena pembangunannya dan (mungkin) mayoritasnya, nyatanya nggak serta-merta bisa menjamin dan menjanjikan yang terbaik. That’s why, just stop being an ethnocentric one because there’s no perfect ethnic in this world 🙂

More Understand, Tolerance, and Thankful

Jujur sebenernya aku agak – agak lupa mau nulis tentang apa di sub judul ini hmm… Sudahlah terjang saja. Nah jadi pas aku KKN, jalan di lokasi KKN-ku masih rusak parah. Batu kali semua. Udah gitu naik turun. Aku kalo jalan kaki di sana pasti nunduk mulu. Bukan, bukan nunduk karena sambil asik main hape kayak orang kota sini yang bikin  hapenya potensial buat dijambret tapi nunduk karena nyari jalan yang mulus coy. Udah ekstra ati-ati gitu tetep aja beberapa kali hampir kepleset. Waktu itu aku mikir, “Oke ini pasti jalan terjelek yang pernah kulihat di sebuah pemukiman.” Guess what? I was wrong.

Pada suatu malam pas KKN, Mbak Dini, temen sekelompokku, nunjukkin video kondisi jalan di Gorontalo yang jadi lokasi KKN Kebangsaan. Guys. Seriously. Itu bukan jalan. Itu kubangan lumpur. Bahkan nggak ada batu kalinya. Dan karena waktu itu hujan deras, makin-makin dah tuh jalan. Dilewatin motor aja nggak bisa. Yang ada motornya nyangkut di lumpur. Intinya, video itu nunjukkin orang-orang bersama beberapa peserta KKN Kebangsaan lagi ngangkat motor yang kejebak di jalan (yang bahkan aku ragu apakah itu layak disebut “jalan”). Di tempat lain mah orang naik motor buat nglewatin jalan. Nah ini motornya naik orang karena jalannya nggak bisa dilewatin.

Efeknya apa? Langsung lebih bersyukur. Seterjal-terjalnya lokali KKN-ku, kami masih bisa naik kendaraan. Bukan kendaraan yang naik kami. Manusia emang suka gitu ya? Kudu dikasih liat yang lebih jelek dulu baru bisa bersyukur? Astagfirullah… Efek jangka panjangnya lagi, aku berusaha buat nggak gampang ngeluh. Pernah nih pas lagi touring explore bogor bareng gitu, ada temen yang nyeletuk, “Ini tuh jalannya jelek banget sungguh tidak layak.” Padahal cuma kerikil doang sama banyak debu dan pasir. Yaaa senyumin ae sih. Mungkin dia juga nggak akan langsung percaya kalo aku ceritain apa yang telah kulalui, kecuali dia mengalaminya sendiri 🙂

Agak out of topic tapi aku mau cerita satu pengalaman berkesan banget pas KKN. Jadi kami sekelompok pernah sok ide mau explore sumber air panas di desa KKN kami. Eh ternyata lokasinya jauh banget dan jalannya beneran ekstra terjal naik turun. Kami yang cupu dan jarang olahraga udah ngos-ngosan kayak orang mau pingsan. Ampun – ampunan pokoknya. Akhirnya pas udah nggak kuat banget kami istirahat dulu di salah satu teras warga bahkan tanpa permisi atau izin dulu saking teparnya. Kalo kalian orang kota, atau lagi di kota, terus ngeliat ada orang asing main ngemper aja di teras rumahmu ngos-ngosan kayak orang mau mati pertanyaan yang muncul pasti “Siapa mereka?” sambil ekstra curiga. Ya wajarlah di kota. Tapi karena ini di desa, jadi beda guys, masih hangat warganya. Alih – alih nanya siapa kami, setelah tau ada sekelompok orang asing yang sedang kelelahan di terasnya, sang tuan rumah bertanya, “Mau pada ke mana?” yang kemudian kami jawab secara detail. Sambil mendengarkan kami, tak lupa tuan rumah memberi minuman kepada kami. Meski cuma air putih, tapi beneran ya, air bagi musafir itu berharga banget guys. Apalagi musafir ngos-ngosan sok ide macem kami :”))

Dan setelah melihat kami yang nggak terbiasa jalan di jalan nanjak atau terjal, sang tuan rumah tadi langsung inisiatif ngasih tongkat kayu buat kami satu-satu untuk memudahkan kami. Guess what? Si tuan rumah ini ya, ngambil kayu buat tongkatnya ada yang sampe nge-gergaji tiang dan palang jemurannya (yang waktu itu beneran lagi dipake jemur baju). Kebayang ga sih kalian kasih tiang jemuran kalian ke orang asing secara cuma-cuma padahal nggak diminta? Lagian posisinya sebenernya kalian juga lagi make tiang itu. Dan ponakan si tuan rumah ini bahkan akhirnya nganterin kami ke tujuan (mungkin karena nggak tega liat muka kami yang clueless banget). Jaw drops sih parah. Niat dan inisiatifnya buat bantuin kami tu loh, bener – bener total sampe segitunya. Sekali lagi, mungkin bagi kalian itu nggak ada apa – apanya tapi kalo kalian di posisi kami waktu itu, kalian bakal ngerti gimana berartinya perlakuan mereka.

Fyi, percaya nggak percaya, kegiatan explore sok ide itu membuat kami jalan kaki pulang pergi sepanjang 14 Km :”))

Wew, baru 2 poin kok panjang nian ya? Ya udah dilanjut di Part 3 aja ya… hehehe 😀

PS: Part 3 udah jadi loh..

4 comments

  1. Salfok sama part 2 nya. Berapa part nih sis? Wkwk so damn amazed with the way you tell the “faedah” in ur storyy 🙂 *komen lagi ternyata tadi eror nggak ke kirim 😅

Tinggalkan komentar