KKN Story (Part 3)

Hi hi!

Karena lagi mood, Part 3 dicepetin kelarnya nih. Bagi yang belum sempet baca Part 1 dan Part 2 bisa diklik langsung ditulisannya ya. Sekarang lanjut to the point deh 🙂

Setiap Anak Berbeda, Setiap Anak Istimewa

Screenshot_20180104-011915

How lovely they are :”))

Seperti KKN pada umumnya, pasti ada salah satu kegiatan yang berupa ngajar anak-anak desa di sekolah. Ntah itu ngajar di TK/SD/SMP/SMA/Masjid (aka ngaji). Kelompokku sendiri pas KKN ngajar PAUD, SD, sama SMP. Masing – masing tingkat pasti beda tantangannya. Meski aku dulu pernah ngisi pelatihan beberapa kali, tapi tetep ngerasa kewalahan. Ngajarin anak kuliah sama anak kecil yang masih TK/SD/SMP beda banget ternyata. Gila ya jadi sesadar ini.

Sebenernya ada keuntungan dan tantangannya sendiri-sendiri sih. Ngajarin anak kecil itu tantangannya semangat kita harus on terus, harus keliatan ceria terus, meski kita lagi badmoood. Mereka masih kecil guys, masih polos, belum ngerti kita lagi badmood atau goodmood. Beda kalo udah gede. Nah kondisi yang mengharuskan selalu-ceria-semangat-empat-lima ini nih yang sering bikin mati gaya pas ngajar (ini aku aja sih kayaknya, temen-temen sekelompokku pada jago-jago dah ngajarnya). Teaching experience in KKNlyfe makes me put a bigger respect towards all teachers on the world. Terutama kepada guru PAUD/TK dan guru SD yang sabaaarrr banget ngajarin anak – anak dari pelajaran dasar sehingga siap nerima pelajaran di tahap selanjutnya.

 

Ada satu pengalaman yang paling berkesan waktu ngajar tepatnya pas pertama kali ngajarin anak SD. Waktu itu kami masuk di kelas 3. Kami ngajar tentang macam – macam musim dan cuaca. Ada dua sesi gitu, pertama kami  ngenalin macam – macam musim, terus yang sesi berikutnya mereka kami minta buat menggambar dan mewarnai dengan tema musim. Kata orang, bakat dan kemampuan anak tuh beda – beda. Itu bener banget. Kalo kalian pengen membuktikan hal itu sejelas – jelasnya, jadilah seorang guru.

Screenshot_20180104-020906

Aku rela nulis dengan berbagai posisi biar pandangan adek – adek nggak kehalang pas mau nyalin catatan dari papan tulis.

Jadi kami nulis nama – nama musim di papan tulis terus si anak – anak SD ini nyatet di buku mereka. Men, nungguin anak SD nyatet itu ya, sesuatu. Ada yang cepet, ada yang lama. Ada yang rajin, ada yang ogah-ogahan kayak aku dulu nih, sampe sekarang masih. Bahkan ada anak yang dia tuh nyatetnya lihat huruf per huruf di papan tulis.

Misal mau nulis kata, “Hujan” proses yang dia jalani adalah:

Lihat papan tulis – nulis huruf ‘H’ di buku catatan – lihat papan tulis lagi – nulis huruf ‘U’ di buku catatan – lihat papan tulis lagi – nulis huruf ‘J’ di buku catatan – lihat papan tulis lagi – eh siapa tuh yang lewat depan kelas? lihat ke pintu dulu – oh ternyata cuma anak kelas sebelah – mau nulis di buku catatan lagi eh kok lupa tadi bentuk huruf ‘A’ kayak gimana ya? – lihat papan tulis lagi – nulis huruf ‘A’ di buku catatan – lihat papan tulis lagi – nulis huruf ‘N’ di buku catatan – selesai satu kata: hujan.

Kalian capek nggak baca prosesnya? Sama, aku juga capek ngetiknya. Nungguin anak SD mencatat adalah hal yang aku rekomendasiin untuk melatih kesabaran membuat rasa salutku kepada guru bertambah – tambah. Maaf, awalnya aku kaget, kok kelas 3 baca tulisnya masih gini ya? Lancar sih, tapi kok nggak bisa ngebut gitu lho. Itulah kenyataan pendidikan di Indonesia guys. Satu daerah dengan daerah lain masih sangat timpang. Ini aja masih di Bogor loh, Pulau Jawa tea, nggak kebayang yang sekolah di hutan – hutan sana gimana. Nggak kebayang lagi gimana sabarnya relawan yang ngajarin orang tua yang masih buta huruf. Pendidikan itu suatu perjuangan panjang ya guys 😦

Kemudian masuk sesi ngajar kedua yaitu menggambar dan mewarnai. Ya udah tuh anak – anak pada gambar rumah lagi hujan (untuk mendeskripsikan musim hujan), ada yang gambar bunga – bunga (untuk mendeskripsikan musim semi), ada yang gambar gajah terus ada matahari di ujungnya (untuk mendeskripsikan musim panas [?]), macem – macemlah pokoknya. Ada yang kreatif dan asik berkreasi sendiri, ada juga yang nyontek persis gambar temennya yang dianggap bagus, beda di ukuran doang, yaaa gimana anak SD kalo gambar dan mewarnailah. Namun ada hal yang menarik perhatianku.

Masih inget si anak yang nyatetnya huruf per huruf tadi? Secara mengedjoetkan, gambar dia adalah gambar paling bagus di kelas itu. Untuk ukuran anak kelas 3, dia udah melek gimana milih warna yang cocok pas mewarnai. Gimana maduin warna biar enak dilihat mata. Gerak – gerik dia pas nyatet sama pas menggambar pun beda. Sama – sama diem dan tenang sih. Cuma pas nyatet, diemnya dia karena pikirannya nggak fokus, kayak ngawang gitu apa dia lagi bosen ya? Nah pas lagi gambar, diemnya dia itu karena fokus, konsentrasi. Bahkan beberapa anak lain menjadikan gambar dia sebagai referensi aka contekan. Di akhir sesi dua kami milih 3 gambar terbaik dan gambar dia termasuk salah satunya. See? Si anak tadi mungkin kurang cepet dibanding temen – temennya kalo disuruh mencatat tapi ternyata dia punya kelebihan (bakat) lain yaitu seni (menggambar dan mewarnai).

Dari situ aku bisa paham, ini lho yang dibilang bakat anak tuh beda – beda. Dan tujuan pendidikan idealnya adalah untuk mensupport perbedaan itu agar menjadi hal yang baik dan berguna buat masa depan nantinya. Bukannya buat disamain. Karena jika dipaksa buat disamain pun, maka hasilnya nggak akan sama. Percuma.  Toh berbeda itu  bukan berarti buruk? Ehem, kalo kata quotes-nya Pandji sih:

“Sedikit lebih beda, lebih baik daripada sedikit lebih baik.”

Nyambung nggak quotes-nya? Nggak ya? Yaudah biar, lagian bagus. Hehehe. Hehe. He 😀 (Btw Pandji kayaknya ngutip quotes itu dari Seth Godin #cmiiw)

(Brusaha) Jadi Orang yang Nggak Mageran Lagi

Di Part 1 aku dah jelasin kalo lokasi KKN-ku itu jauh dari mana – mana. Udah jauh, jalannya terjal. Hal ini sebenernya yang jadi kendala utama para petani buat ngejual hasil pertaniannya. Mereka mau nggak mau ngejual hasil panennya ke tengkulak yang datang ke desa. Otomatis si tengkulak ini dong yang nentuin harga. Para petani nggak bisa menentukan harga atau ngejual hasil panen langsung ke pasar terdekat karena biaya trasportnya mahal. Pernah kami diceritain sama petani kopi di sana. Karena kopi di sana udah terkenal kualitasnya, ada aja tuh yang order. Sayang, petani sering nolak orderan karena jumlah yang diorder kurang banyak sehingga nggak cukup buat nutupin biaya transport. Padahal kopinya juga ga murah – murah amat. Ya udah sesuai harga sama kualitas. Tapi bahkan hal itu dianggap nggak sebanding dengan gedenya biaya transport. Sedih bro.

Percaya nggak, karena jauh dari mana – mana, sampe – sampe bibi – bibi atau mamang – mamang tukang jual sayur atau bahan masakan gitu – gitu cuma ada seminggu dua kali. Yap, untuk makan hidangan sesederhana tahu tempe aja, nggak bisa setiap hari guys. Bukan, bukan karena nggak mampu secara ekonomi, tapi ya karena masalah akses jalan itu tadi. Pilihan menu makan kami jadi terbatas. Nggak berhenti di situ, kontur desa yang terjal bikin jarak ke mana – mana berasa makin jauh. Kami juga sempet main ke salah satu murid SD dan kaget banget ternyata kalo menurut ukuran kami, jarak rumahnya cukup jauh dari sekolah dan sangat bikin ngos – ngosan. Ikut seneng deh liat anak – anak desa sini tetep semangat sekolah meski harus nempuh jarak segitu jauhnya dengan jalan kaki tiap hari.

Pulang dari KKN, sebisa – bisanyalah aku ngurangi magerita. Misal males beli makan di luar, terus inget masa – masa KKN jadi ilang magernya. Mumpung makan masih bisa milih mau menu apa. Mumpung beli makan tinggal naik motor atau jalan kaki. Masih kurang apalagi? Kuliah juga gitu. Pokoknya apapun selama masih bisa kita jangkau, seharusnya nggak bikin kita jadi mager. Segala kemudahan dan fasilitas di kota juga harusnya membuat kita pantang ngeluh. Ironis nggak sih guys, kadang kita tuh rasanya kurang mulu, minta difasilitasin mulu tapi mereka yang justru jelas – jelas sangat jauh untuk menjangkau fasilitas malah nggak ngeluh sesering kita. Nggak nuntut sebanyak kita. Serius, kalo udah ngerasain gimana minimnya fasilitas yang mereka dapat, apa pun itu, kita nih ibaratnya nggak punya hak buat ngeluh. Malu tau. Iya aku tahu poin ini paling sulit mraktekinnya aku juga mungkin masih sering mager kayak nitip makan atau ngeluh tapi ya udah tetep kuketik barangkali kalian mendapat pencerahaan 😦

Masih banyak pelajaran lain tapi itulah kira – kira hal – hal yang paling berharga dan berkesan selama aku KKN. Buat temen – temen yang mau menjalani KKN tahun depan, semangat yak! Emang kalo belum dijalani rasanya ngawang dan malesin banget. Tapi serius deh semua itu worth to try! KKN itu kayak simulasi ntar kalo kita udah lulus kuliah, kerja, dan tinggal di masyarakat. Ini the last part dari sekuel KKN Story ya…Hehehe. Makasih banyak yang sudah mengikuti dari Part 1 dan Part 2 (udah ala – ala penutupan episode terakhir drama korea aja nih). Yang belum ngikutin tolong ya dibaca maksa. Sorry kalo absurd di sana – sini. Semoga kalian nggak kapok main ke blog aku ya 😀

Tinggalkan komentar