Rangkaian Teka-Teki

“So verily, with the hardship, there is relief. Verily, with the hardship, there is relief.”

– QS. Al Insyirah : 5 – 6

IMG_20150423_060340

Yang bikin jatuh cinta sama kamar asrama : kalau bangun tidur nengok samping, langsung ngadep ke jendela yang ke arah timur, jadi bisa lihat sunrise :’) Tinggal di asrama dari awal matrikulasi sampai akhir semester 2.

Pasti kita pernah ngrasa bete gegara rencana kita nggak berjalan sesuai harapan. Apa yang kita mau pokoknya nggak sesuai aja. Kita ngrasa kayaknya hidup dan dunia ini nggak berpihak sama kita. Ah bikin galau deh! Terus nyanyi lagunya Simple Plan, “HOW COULD THIS HAPPEN TO ME???!!!” kkkk

Tapi kita nggak boleh lupa satu hal : Apapun yang terjadi adalah yang terbaik menurut kehendak Tuhan. Sebaik-baiknya rencana manusia, rencana Tuhan yang paling baik. Hal yang menurut kita jelek karena nggak sesuai sama harapan kita kok malah yang dibilang paling baik sih? Baiknya tu di mana? Emang salah gue apa kok bisa kena nasib gini? Kenapa harus gue yang ngalami? Seringnya kita mikir gitu.

Pertanyaan dalam pikiran itu lama-lama jadi teka-teki. Menurut gue sih hidup memang teka-teki. Tapi kalau kita peka dan sabar, sebenernya jawaban dari teka-teki itu kadang sederhana dan nggak jauh-jauh banget dari kita kok. Contohnya seperti salah satu pengalaman gue ini.

Jadi, syukur alhamdulillah gue keterima kuliah di IPB lewat jalur SNMPTN (commonly known as jalur undangan). Seneng? Pasti! Tapi ada beberapa hal yang ternyata meleset lumayan jauh dari ekspektasi. Awalnya gue seneng emang, bisa masuk kuliah tanpa tes yang artinya liburan panjang gue (yang belakangan gue sadari nggak sepanjang itu -_-) ringan tanpa belajar SBMPTN (ujian masuk kuliah jalur tulis). Bebass bisa main sepuasnya. Ternyata, liburan gue nggak sepuas itu guys :”)

Meski gue keterima lewat jalur SNMPTN, nggak otomatis temen-temen gue juga keterima kan? Beberapa dari mereka memang nggak lolos jadi harus belajar lagi, persiapan buat SBMPTN. Tapi ada juga temen gue yang udah keterima SNMPTN masih juga belajar. Buat masuk perguruan tinggi ikatan dinas. Ya gimana ya, sebagian temen-temen gue suka kelewat rajin soalnya.

Situasi saat itu bikin gue serba salah. Niatnya mau main liburan seneng-seneng eh tapi bingung ngajakin siapa. Mau ngajakin temen-temen deket, mereka masih sibuk persiapan yang gue ceritain di atas. Akhirnya, liburan panjang (yang belakangan gue tau nggak akan sepanjang itu -_-) seringnya gue lalui sendirian dengan aktivitas yang membosankan dan nggak produktif. Sampai gue mengenal yang namanya matrikulasi di IPB x_x

Jadi, pas jaman gue, 2014, angkatan 51, di IPB masih mengenal yang namanya matrikulasi untuk mahasiswa jalur SNMPTN. Entahlah udah 2 tahun ini IPB nggak ngadain matrikulasi soalnya. Matrikulasi itu, intinya pengenalanlah. Dalam kurun waktu sebulan kita cuma belajar 1 matkul berikut UTS dan UAS-nya. Nah, si matrikulasi ini diadainnya pas kita masih liburan. Iya, jadi liburan gue kepotong setengahnya lebih buat si matrikulasi ini -_-

Lah enak dong Ma? Kan lo jadi nggak gabut-gabut amat?

Emm harusnya sih. Cuma waktu itu gue kesel banget. Pas-pas banget gue mulai matrikulasi di Bogor, pas-pas banget temen-temen SMA gue pada selesai ujian SBMPTN which mean, mereka udah free, udah bisa diajak main. Tapi gantian guenya yang nggak bisa diajak main. KA – ZET – EL banget nggak sih?

Apalagi, gue termasuk orang yang mengalami homesick akut pas matrikulasi. Secara itu pertama kalinya gue berpisah jauh dari keluarga dan teman-teman dalam waktu yang lama. Dan gue sendirian mengahadapi itu. Ya nggak sendirian secara harfiah sih, masih ada temen-temen dari Kudus yang keterima di IPB juga sebagai tempat berbagi curahan hati.

Di tengah-tengan matrikulasi, gue sering liat di medsos temen-temen SMA gue lagi pada main atau liburan bareng. Sementara gue sendiri hampir setiap hari curhat ke mereka via chat atau sms, meratapi jadwal gue yang pencilan ini, udah mulai kuliah saat yang lain masih liburan. Inget banget waktu itu gue pernah nggak pilih-pilih pas ngechat temen saking frustasi dan kesepiannya. Siapapun temen SMA gue, nggak peduli cowok atau cewek, akrab atau nggak, kalo mereka online facebook (masih jaman fb bro…) langsung gue chat. Gila ya? :”))

Pas lagi di kamar mandi asrama, gue sempet mikir keras, kenapa sih harus gini banget situasinya? Gue-nya free, temen gue sibuk belajar. Temen-temen gue free, gue-nya yang udah mulai kuliah. Nggak adil banget. Gue kan pengen juga liburan dan main sama mereka… hiks hiks. Tapi syukurlah, mungkin karena waktu itu gue lagi di kamar mandi, tempat yang konon menjadi sumber inspirasi dan pencerahan, pelan-pelan gue menemukan ‘jawabannya’.

Masa awal kuliah bisa jadi masa yang sulit buat penyesuaian bagi sebagian orang termasuk gue. Mungkin juga buat temen-temen gue. Terbukti gue homesik parah dan hampir setiap hari ngontak temen-temen SMA gue. Yang waktu itu belum gue sadari, temen-temen gue selalu ada buat dengerin gue. Mereka sabar ngrespon segala keluhan gue, meskipun keluhannya itu-itu mulu. Mereka begitu karena pertama, gue yakin karena mereka adalah orang-orang baik yang sabar menghadapi rewelnya gue dan kedua, mereka punya waktu. Mereka free. Mereka lagi liburan. Nah ini.

Gue nggak bisa bayangin kalo posisinya gue mulai masuk kuliah barengan dengan mereka. Kita akan menghadapi situasi yang sama. Mungkin kita akan sibuk dengan adaptasi masing-masing sehingga yaa ibaratnya, “Sorry nggak bisa nanggepin curhatan lo. Gue juga punya masalah sendiri di sini.” Nggak bisa gue bayangin gue lagi nangis bete terus chat gue dianggurin sama mereka. Huaa amit-amit.

Akhirnya gue sadar, Tuhan sudah mengatur waktu yang tepat untuk segalanya. Gue dikasih waktu masuk kuliah lebih cepet karena mungkin gue memang butuh waktu adaptasi yang lebih lama sehingga makin cepet gue mulai adaptasi makin baik buat gue ke depannya. Pas liburan, secara fisik gue mungkin nggak bisa bareng-bareng sama temen-temen deket gue. Tapi secara psikologis, mereka terbukti ada untuk mensupport gue. Dan gue sangat mensyukuri itu. Lebih bersyukur lagi, karena gue bisa nangkep ‘jawaban’ dari salah satu teka-teki dalam hidup gue. Finally, rencana liburan gue memang nggak sesuai harapan, tapi berjalan jauh lebih baik dari itu 🙂

Originally posted on 18/08/2014

P.S : Lagi benerin blog baru sadar post ini tuh kepotong wkwk. Yaudah edit dan repost deh jadinya.

 

Tinggalkan komentar